Definisi Invoice itu apa? Pentingnya Invoice yang tidak Boleh Disepelekan

Ketika terjun di dunia bisnis, banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Tidak hanya kemampuan jual beli produk saja, tapi kemampuan manajemen juga diperlukan. Salah satunya adalah kemampuan dalam penyusunan dokumen kelengkapan bisnis.

Sumber: https://www.hashmicro.com/blog/sales-invoice-definition-purpose/

Berbisnis tentu tidak bisa lepas dari kegiatan transaksi jual beli. Transaksi jual beli dalam bisnis tidak sesederhana hanya menjual atau membeli, memberikan uang pembayaran, dan selesai. Tidak seperti itu. Tidak bisa disamakan dengan transaksi sehari – hari untuk kebutuhan rumah tangga.

Dalam bisnis, terdapat dokumen – dokumen yang perlu untuk dipersiapkan. Dokumen ini penting sebagai bukti telah terjadi transaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan adalah invoice. Invoice adalah faktur dalam bahasa Indonesia. Yang mana selanjutnya akan dijelaskan di sub bab berikutnya.

Definisi Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang diterbitkan perusahaan sebagai pihak penjual kepada pelanggan atau pembeli, sebagai bukti atas transaksi kredit yang telah terjadi. Selain itu, invoice adalah dokumen yang dapat digunakan sebagai alat penagihan dari pihak penjual kepada pembeli.

Di dalam invoice termuat informasi – informasi penting detail transaksi. Diantaranya seperti pihak yang terlibat transaksi, yaitu penjual dan pembeli. Detail nama produk yang dibeli beserta harga tiap produk, tanggal order, tanggal jatuh tempo, cara pembayaran, dan tak lupa pajak dan diskon jika ada.

Karena penting, invoice adalah dokumen yang harus dirangkap. Biasanya, pihak penjual akan membuat tiga rangkap, dimana tiap rangkap memiliki peranan masing – masing. Rangkap pertama digunakan sebagai bukti bahwa perusahaan telah melunasi pembayaran. Rangkap kedua digunakan sebagai pendataan bagian penjualan. Sementara rangkap ketiga digunakan sebagai laporan untuk bagian keuangan.

Setiap rangkap invoice juga dapat dijadikan bukti transaksi kredit yang telah terjadi. selain itu, dengan adanya invoice penjual dapat melakukan penagihan kepada pembeli apabila di kemudian hari pembeli telat melakukan pembayaran.

Pentingnya Invoice yang tidak Boleh Disepelekan

Sumber: https://www.thebalancesmb.com/what-is-invoice-398303

Invoice adalah dokumen penting dalam transaksi kredit antara penjual dan pembeli. Dikatakan penting karena keberadaan invoice penting adanya. Tidak boleh disepelekan oleh perusahaan. Bahkan, invoice tidak boleh digantikan dengan dokumen lain, karena nantinya artinya akan berbeda.

Perusahaan baik skala kecil maupun besar sudah harus mempersiapkan invoice sejak awal. Meskipun selama bisnis terjadi, selalu melakukan transaksi secara kontan. Namun, perusahaan pun tidak akan pernah tahu jenis transaksi apa yang diinginkan oleh pembeli. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan dokumen invoice ini jika sewaktu – waktu pembeli menginginkan transaksi kredit.

Invoice adalah dokumen yang penting, karena dengan invoice juga pihak penjual memiliki payung hukum yang sah. Karena ada juga kasus dimana pembeli tidak mau membayar tagihannya, meskipun barang sudah diterima. Dengan adanya invoice, perusahaan dapat menuntut pihak pembeli supaya mau melakukan pembayaran.

Unsur Informasi yang Ada pada Invoice adalah

Supaya mudah dipahami, invoice harus memuat unsur – unsur informasi. Informasi tersebut diantaranya keterangan penjual dan pembeli sebagai pihak yang melakukan transaksi. Nomor order serta nomor invoice, tanggal transaksi terjadi, daftar produk baik barang atau jasa yang dibeli, harga tiap produk, harga total, cara pembayaran, serta tempo waktu pembayaran.

Perusahaan boleh membuat invoice dengan berbagai template. Yang terpenting, unsur informasi di dalam template lengkap sehingga tidak menimbulkan kesalah pahaman antara penjual dan pembeli.

Jadi, untuk kamu para pelaku bisnis, sebaiknya siapkan dokumen – dokumen penting seperti invoice ini supaya bisnis berjalan lancar.

Leave a Comment